anak-anak

anak-anak
saya ketika masih umur 9 tahun bersama adik saya selisih 4 tahun.

Minggu, 11 Oktober 2015

RUPIAH MELEMAH , WARALABA ASING TERPUKUL




         Bisnis waralaba di Indonesia semakin menyebar luas, dari aspek sandang, pangan, bahkan papan. Waralaba alin populer D indonesia adlah waralaba jenis rantai toko dimana seorang terwaralaba (franchisee) harus menggunakan nama dagang dan panduan-panduan produksi dan manajemen dari pewaralaba (franchisor).
            Tak hanya waralaba lokal yang berkembang di Indonesia, waralaba asing juga berkembang karena memang sistem ini berasal dari dunia barat jadi tidak heran jika bisnis waralaba asing mudah berkembang di Indonesia, contoh waralaba asing adalah Mc Donalds, kfc, PizzaHUt, Cd waren, Holiday inn, dll.
            Namun akhir-akhir ii waralaba asing sedang menghadapi  ujian. Mereka harus membayar royalti sebesar 5-8 % dalam bentuk dolar namun pendapatan mereka dapata dalam bentuk rupiah. Perbedaan mata uang yang digunakan ditengah pelemahan rupiah membuat para pemilik lisensi waralaba asing di Indonesia harus memutar otak bagaimana agar bisnisnya tetap berjalan tanpa mengalami kerugian.
            Belajar dari pengalaman saat krisis monoter tahun 1998, pemilik lisensi mengubah royalti yang akan mereka bayarkan dalam bentuk utang dan akan dibayarakan setelah perekonomian menguat dan milai tukar rupiah kembali naik,tentu saja dengan persetujuan pihak franchisor.
            Hal seperti ini tentu telah dipahami benar oleh pemilik lisensi bahwa mereka harue mebayar atau menyetor keuntungan kotor sebagian bmereka kepada franchisor, selain itu mereka juga tidak bisa seeneaknya mengubah cara produksi, pemasaran maupun manajemen dalam hal ini harga agar tidak mengalami kerugian.
            Namun denagn manajemen yang sudah teruji dang pengalaman mereka dengan mudah mengatasi hal ibi, selai itu juga promosi-promosi harus dilakukan agar meningkatkan minat konsumen. Dalam hal promosi, bisnis waralaba sangat di untungkan, jika sang franchisor telah melakukan promo maka seluruh frinchisee sudah ternasuk, dan tidak perlu melakukan promosi lagi dan mengurangi pengeluaran.

TUGAS PENGANTAR BISNIS
DOSEN PENGAMPU:  SHOIMATUL FITRIA, SE, MM.
WARALABA/ LEISING/VENTURA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar